Hongkong Macau

Disini gue mau ngasih tips biar perjalanan kalian kesana menyenangkan dan bisa membagi waktu agar perjalanan kalian ga terbuang sia-sia.

Tips pertama yang harus kalian lakuin yaitu membooking tiket pesawat 2 bulan sebelumnya, jadi biar lebih murah. Kebetulan karena gue kesana bulan Februari dan disana lagi lebaran China (China New Years) dan harga tiket nya gila gilaan, nah karena gue pesen tiket 2 bulan sebelumnya dan kebetulan jg gue dapet promo, jadi gue naik penerbangan Garuda dgn harga Rp 4.900.000 pp/orang termasuk dapet 1 kali makan tapi ga termasuk airport tax nya ya…airport nya kalau ga salah Rp 150.000 dan landing nya di Hongkong International Airport. Kenapa gue memilih naik garuda? Karena ga pake transit dengan menempuh penerbangan 4 jam lewat 5 menit. Sebenernya ada beberapa maskapai penerbangan yang ke HKIA, seperti Lion, Tiger, AirAsia, JetStar tetapi mereka melakukan transit terlebih dahulu dan dengan harga tiket Rp 2.000.000 sekali jalan. Ada tips dari gue nih kalian bisa juga ambil aja penerbangan Jakarta – Macau, karena kemarin gue juga ditawarin dengan harga tiket Rp 3.600.000 pp/orang dengan sekali transit di Philipine kalo gasalah…tapi sesuai tujuan kalian masing masing, kalian ingin lebih lama berlibur di Hongkong atau Macau. Dan yang paling penting Hongkong atau Macau TIDAK MEMERLUKAN VISA, bebas visa selama 30 hari(kalo ga salah).

 Tips kedua kalian juga harus mengcek terlebih dahulu, iklim apa yang ada pada negara yang akan anda singgahi. Sebelum pergi kesana setidaknya seminggu sebelum anda berangkat mengecek misal nya mengecek di app weather(iOS App). Dan kebetulan pas gue kesana lagi musim dingin yaitu 14 derajat. Jadi jangan lupa bawa pakaian tebal + jaket + syal karena anginnya cukup kencang.

Tips ketiga yaitu kalian juga harus sudah membooking tempat penginapan, karena hotel disana sangat mahal jadi gue nginep di Flat yang punya orang Indonesia, kalau kalian ingin berniatan menginap disitu hubungin aja +852.2890.9795 nama pemiliknya Hsu Cing Lian. Flat dengan harga permalam 500 HKD untuk 2 orang (kalo dirupiahin sekitar Rp 800.000, karena pada saat itu harga dollar hongkong ke rupiah 1.600).

x5

Causeway Bay Street

Causeway Bay Street

Saran gue sih, pilih tempat penginapan yang dipusat kota, jadi akses kemana mananya gampang. Causeway Bay salah satu pusat kota, kalian bisa memilih untuk menginap didaerah sini, biasanya pada lantai dasar terdapat pertokoan dengan barang barang branded seperti toko Adidas, Lusso Brillante, dan masih banyak lagi sedangkan dilantai atas nya terdapat flat flat seperti yang saya tinggali.

x3

HKIA

x4

x1

Sesampainya di HKIA, jangan lupa untuk mengambil peta yang telah disediakan secara gratis. Untuk ke tempat penginapan kalian bisa memilih ingin menaiki transportasi umum (Ex: Bus, Tram dan MTR) atau taksi. Sebaiknya anda membeli Octopus card (kalo disini seperti Flazz BCA) terlebih dahulu alasannya agar lebih memudahkan anda dan dapat dipakai untuk berbelanja di sevel dan untuk makan di mcD. Harga Octopus Card 150 HKD dengan isi kartu 100 HKD dan 50 HKD dapat kalian tukar dengan uang kalo ingin kalian tukar. Octopus card dapat dipakai untuk maniki semua transportasi umum. Kalo kalian ingin menaiki taksi, kalian cek terlebih dahulu, kalian ingin ke mana? Kalo kalian ingin ke daerah Hongkong Island kalian memilih taksi warna merah, kalo kalian ke daerah New Territories kalian memilih taksi hijau dan kalo kalian ke daerah Lantau Island kalian memilih taksi biru. Naik taksi di sini terbilang cukup mahal, ke daerah Causeway Bay memerlukan biaya 330 HKD (Rp 528.000) karena melewati tol bawah laut. Sedangkan kalo anda menaiki MTR atau bus bisa lebih murah dari itu.

Tips keempat kalian harus menuliskan destinasi apa saja yang akan kalian kunjungi, jadi pas udah sampai sana tau mau kemana mana nya. Misalnya kalo gue sendiri sih bikin destinasi dengan jadwal seperti ini:

– Hari pertama, keliling Causeway Bay | Ladies Market | Tsim Sha Tsui | Avenue of Stars

x10

x11

Berkeliling dengan jalan kaki sangat tidak terasa lelah, karena dengan cuaca yang tidak panas tetapi dengan hembusan angin yang dingin membuat kita nyaman untuk berjalan kaki berjam jam. Setelah berkeliling, kemudian  gue mencari stasiun MTR terdekat kemudian menuju ke stasiun yang terdekat dengan Ladies Market di Tung Choi Street, Mong kok, karena sesampainya disana jam 3 sore, jadi belum begitu ramai. Di ladies market terdapat barang-barang seperti case hape, gantungan kunci, dll. Dan di ladies market ini gue menemukan topeng buzz HAHAHA dan akhirnya gue beli…dan gue juga menemukan flashdisk buzz yang harganya tidak terlalu mahal dibandingkan yang dijual di onlineshop.

     x9

x12

Cara ke Ladies Market:

MTR -> Mong Kok Station -> Exit E2 / Bus No 1, 1A, 2, 6, & 9 turun di Nelson Street.

Didaerah ini terdapat banyak shopping center dan lumayan lah buat cuci mata.

Cara ke Tsim Sha Tsui :

MTR -> Tsim Sha Tsui Station -> Exit E

x7

x8

Selanjutnya ke Avenue of Stars. Dikarenakan musim dingin jadi ketika malam hari yang seharusnya bisa melihat “a symphony of light” disekitar Victoria Harbour  jadi tidak bisa melihat dikarenakan tertutup oleh kabut.

Cara ke Avenue of Stars:

MTR -> Tsim Sha Tsui  East Station -> Exit J kemudian jalan kaki 5 menit.

– Hari kedua, The Peak | Madame Tussaud

Kalo ingin hemat sebaiknya kalian membeli paket combo yaitu 1 single tiket tram+Madam Tussaud+Sky Terrace seharga 330 HKD terbilang lebih hemat. Sebaiknya jangan ke sana di hari Minggu karena antrian yang luar biasa.

x13

x14

x16

IMG_7442

IMG_7426

Cara ke The Peak & Madame Tussaud:

MTR -> Admiralty Station -> Exit C1 kemudian jalan kaki sekitar 30 menit menuju ke Peak Tram.

– Hari ketiga, Macau Fisherman’s Wharf |  The Ruins of St Paul | Venetian Resort | Senado Square | A-Ma Temple | Coloane Village

Sangat di sayangkan kalo kalian udah ke Hongkong tapi ga ke Macau. Kalian bisa pergi ke Macau dengan dua pilihan yaitu dengan kapal TurboJet atau dengan helikopter, dengan menempuh perjalanan 1 jam dan dengan harga tiket 164 HKD dengan kapal TurboJet.

x15

x17

Saran dari gue sih kalo kalian cuma 1 hari doang mending pake paket travel yang ditawarin di pelabuhan. Dengan membayar 500 MOP (HKD=MOP) per orang kalian dibawa berkeliling Macau selama 5 jam.

Macau Fisherman's Wharf

Macau Fisherman’s Wharf

x19

x20

x21

x22

x24

x23

– Hari keempat, Disneyland

Disneyland merupakan salah satu tempat wajib yang harus kalian kunjungi. Intinya tujuan gue kesini itu cuma mau foto sama Buzz Lightyear HAHAHA. Btw tiket masuknya itu 500 HKD. Saran gue sih kalo kesini tuh jangan pas disana liburan, jadinya kaya gue cuma naik 4 wahana doang.

IMG_7695

x25 x28x26 x27  x29 x30 x31 x32

Cara ke Disneyland:

MTR -> Sunny Bay Station kemudian transit ke Disneyland Resort Station

– Hari kelima, keliling Causewaybay | HKIA

Destinasi hari ini cuma keliling didaerah sekitar Causeway Bay dan siang harinya langsung ke HKIA naik taksi kemudian nunggu penerbangan ke CGK.

Ohiya tips satu lagi yaitu kalo mencari makanan halal disekitar daerah Causeway Bay nama nya Sedap Gurih, kalo satu kali makan bisa 55 HKD – 65 HKD, atau ga banyak tempat makan fastfood juga kok disini dengan harga 25 HKD – 30 HKD. Semoga bermanfaat!

IMG_7830

Leave a comment